Tertangkap, Ikan pari Air Tawar Terbesar


Tertangkap, Ikan Air Tawar Terbesar
(istimewa)

Jakarta – Sebagai bagian ekspedisi National Geographic ilmuwan mendapatkan ikan pari terbesar.Ikan itu ditandai dan dilepas kembali di Thailand pada 28 Januari lalu dalam ekspedisi untuk mencari dan melindungi ikan tawar terbesar.

Tertangkapnya ikan itu dibumbui dengan rumor berat ikan mencapai 350 kilo. Meskipun ikan pari memang berat, tapi bobot ikan ini tidak diketahui secara pasti.

“Foto itu memang asli dan memang sangat besar, tapi ikan itu tidak pernah ditimbang,” kata ahli biologi Zeb Hogan dari universitas Nevada di Reno. Hogan adalah peneliti utama ekspedisi.

Ikan pari air tawar terbesar diperkirakan terdiri dari 200 spesies. Ikan itu bisa ditemui di sungai di Asia Selatan serta Australia Utara.

Ikan itu tertangkap oleh sukarelawan Ian Welch. Ikan itu lebih besar dari ikan tawar yang pernah tertangkap.

“Dilihat dari bentuk sayapnya, ini yang kedua. Yang terbesar adalah di Kamboja pada 2003. Tapi ikan ini lebih tebal sehingga mungkin lebih berat,” kata Hogan.

Ikan tawar terbesar adalah yang pernah tertangkap nelayan di sungai Mekong seberat 646 pon di utara Thailand.

Setelah tertangkapnya ikan itu, peneliti juga menangkap ikan pari lain sejauh 4 kilometer jaraknya. ”Mengejutkan kami menangkap ikan pari lagi pada 28 Februari,” kata Hogan.

Penemuan itu bisa berarti populasi lebih kecil dari yang diperkirakan sebelumnya. Ahli biologi terus menelusuri pergerakan ikan besar menggunakan alat pendeteksi bawah air.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Waduh, ajib bener……
    http://engeldvh.wordpress.com

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: