Doa yg sungguh


berdoalah dengan sungguh2....

Ada seorang bocah kelas 4 SD di suatu daerah di Milaor Camarine Sur, Filipina, yang setiap hari mengambil rute melintasi daerah tanah yang berbatuan dan menyeberangi jalan raya yang berbahaya dimana banyak kendaraan yang melaju kencang dan tidak beraturan. Baca lebih lanjut

Iklan

“Good Lesson” (Kisah nyata)


Kisah ini diceritakan oleh seorang mantan guru musik dari Des Moines,Iowa.Dia mendapat nafkah dengan mengajar piano selama lebih dari 30 tahun.Sebut saja namanya Mary,selama itu Mary menyadari tiap anak punya kemampuan musik yang berbeda.Tapi dia tidak pernah merasa telah menolong walaupun dia telah mengajar beberapa murid berbakat.Walaupun begitu,Mary ingin bercerita tenteng murid yang”tertantang secara musik”.Contoh nya adalah Robby.

Robby berumur 11 tahun,ketika ibunya memasukkan dia dalam les untuk pertama kalinya.Saya lebih senang kalau murid (khususnya laki2)mulai ketika lebih muda.Saya menjelaskan itu pada Robby.Tapi Robby berkata,ibunya selalu ingin mendengar dia bermain piano.Jadi saya jadikan dia murid.Robby memulai les pianonya dan dari awal saya pikir dia tidak ada harapan.Robby mencoba,tapi dia tidak mempunyai perasaan nada maupun irama dasar yang perlu dipelajari.Tapi dia mempelajari benar2 tangga nada dan beberapa pelajaran awal yang saya wajibkan untuk dipelajari semua murid.Selama beberapa bulan,dia mencoba terus dan saya mendengarnya dengan ngeri dan terus mencoba menyemangatinya.Setiap akhir pelajaran mingguannya,dia berkata,”Ibu saya akan mendengar saya bermain padasuatu hari”.Tapi rasanya sia-sia saja,dia memang tak berkemampuan sejak lahir.Saya hanya mengetahui ibunya dari jauh ketika menurunkan Robby atau menjamput Robby.Dia hanya tersenyum dan melambaikan tangan tapi tidak pernah turun.Pada suatu hari,Robby tidak datang lagi ke les kami.Saya berfikir untuk menghubunginya,tapi karena ketidakmampuannya,mungkin dia mau les yang lain saja,itulah yang saya fikir,dan saya juga senang dia tak datang lagi.Dia menjadi iklan yang buruk untuk pengajaran saya!.Bererapa minggu sesudahnya,saya mengirimkan brosur ketiap murid,mengenai pertunjukan yang akan dilaksanakan.Yang mengagetkan saya,Robby (yang juga menerima brosur) menanyakan saya,apakah dia bisa ikut pertunjukan itu?.Saya katakan kepadanya,pertunjukan itu untuk murid yang ada sekarang,dan karena dia telah keluar,tentu dia tidak bisa ikut.Dia katakan bahwa ibunya sakit sehingga tak bisa mengantarkannya ke les,tapi dia tetap terus berlatih.”Bu Mary…..saya mau main!”dia memaksa.Saya tidak tahu apa yang membuat saya akhirnya membolehkan dia main di pertunjukan itu.Mungkin karena kegigihannya atau mungkin ada sesuatu yang berkata dalam hati saya bahwa dia akan baik2 saja.Malam pertunjukan datang,aula itu dipenuhi dengan orangtua,teman,dan relasi.Saya menaruh Robby pada urutan terakhir, sebelum saya kedepan untuk berterimakasih dan memainkan bagian terakhir.Saya rasa kesalahan yang dia akan buat akan terjadi pada akhir acara dan saya bisa menutupinya dengan permainan dari saya,itulah yang saya fikirkan.Pertunjukan itu berlangsung tanpa masalah,murid2 telah berlatih dan hasilnya bagus.Lalu Robby naik ke panggung,bajunya kusut dan rambutnya bagaikan baru dikocok.”Kenapa dia tidak berpakaian seperti murid lainnya?”pikir saya.”Kenapa ibunya tidak menyisir rambutnya,setidaknya untukmalam ini?”.Robby menarik kursi piano dan mulai.Saya terkejut ketika dia menyatakan bahwa dia telah memilih Mozart’s Concerto #21 in C Major.Saya tidak dapat bersiap untuk mendengarnya.Lalu jarinya ringan di tuts nada,bahkan menari dengan dengan gesit.Dia berpindah dari pianossimo ke fortissimo…..dari allegro ke virtusso.Akord tergantungnya yang diinginkan Mozart sangat mengagumkan!.Saya tak pernah mendengar lagu Mozart dimainkan orang seumur dia sebagus itu.Setelah enam setengah menit,dia mengakhhirinya dengan cresendo besar dan semua terpaku disana dengan tepuk tangan yang meriah.Dalam air mata,saya naik kepanggung dan memeluk Robby dengan sukacita.”Saya belum pernah mendengar kau bermain sepeti itu Robby,bagaimana kau melakukannya?”aku bertanya.Melalui pengeras suara Robby menjawab,”Bu Mary….ingat saya berkata bahwa ibusaya sakit? ya,sebenarnya dia sakit kanker dan dia telah berlalu pagi ini.Dan sebenarnya…dia tuli sejak lahir,jadi hari inilah dia pertamakali mendengar saya bermain.Saya ingin bermain secara khusus untuk ibu.”Tidak ada satupun mata yang kering malam itu.Ketika orang2 dari layanan sosial membawa Robby dari panggung keruang pemeliharaan,saya menyadari meskipun mata mereka merah dan bengkak,betapa hidup saya jauh lebih berarti karena mengambil Robby sebagai murid saya.Tidak,saya tidak pernah menjadi penolong,tapi malam itu saya menjadi orang yang ditolong Robby.Dialah gurunya dan sayalah muridnya. Karena dialah yang mengajarkan saya arti ketekunan,kasih,percaya pada dirimu sendiri,dan bahkan mau memberi kesempatan pada seseorang yang tak anda ketahui mengapa.Peristiwa ini semakin berarti di Desert Storm,Robby terbunuh oleh pengeboman yang tak masuk akal oleh Alfred P.Murrah Federal Building di OKlahoma pada April 1995,Ketika di laporkan dia sedang bermain piano.—————

Kisah tentang “Tukang Cukur”


Suatu hari seorang lelaki sedang berjalan-jalan disbuah daerah disamping pertokoan.Lelaki ini mempunyai rambut yang gondrong dan berencana akan memotong rambut tersebut supaya pendek sehingga ia merasa lebih nyaman.Sebut saja nama lelaki tersebut Thomas,setelah berjalan berkeliling daerah pertokoan tersebut akhirnya thomas pun menemukan tempat memangkas rambut yang dia inginkan.Tak menunggu lama diapun memasuki tmpat tersebut yang langsung disambut hangat serta senyum yang indah oleh situkang cukur tersebut.Lalu Thomas mulai duduk dan situkang cukur mulai bersiap akan mencukur rambutnya yang gondrong tersebut.Akhirnya sambil terus mencukur Thomas sesekali mengobrol dengan si tukang cukur tersebut.Thomas sangat senang mencukur disini karena ternyata situkang cukur sangat enak untuk diajak mengobrol dan ternyata mereka bisa nyambung.Setelah kira2 sedikitlagi mau selesai topik yang mereka bicarakan tiba-tiba beralih dari masalah ekonomi menjadi masalah tentang Tuhan.Lalu tanpa terasa obrolan mereka semakin jauh dan dalam mengenai Tuhan,Yang pada akhirnya situkang cukur tersebut memberikan satu statement yang sangat mengagetkan Thomas.Tukang cukur tersebut bilang”Saya tidak percaya kalau Tuhan itu ada,menurut saya Tuhan itu tidak ada”.Kata situkang cukur.Thomas lalu bertanya,”kenapa bapak bilang begitu,kalau Tuhan itu tak ada lalu siapa yang menciptakan kita dan dunia ini?”,Situkang cukur naksaja menjawab”ah ga taulah yang penting menurut saya Tuhan itu tak ada”,kata situkang cukur.Thomas pun bertanya kenapa bapak tersebut berkata demikian,dan situkang cukur tersebut bilang”kalau Tuhan itu ada kenapa banyak orang yang menderita”.Thomas lalu diam,dan setelah dia selesai dicukur dan dibersihkan Thomaspun beranjak keluar setelah membayar,namun baru sampai dipintu Thomas berhenti dan berkata dengan agak keras”Ahh ternyata tukang cukur itu tidak ada yahh….”.Situkang cukur terkejut mendngarnya dan langsung berkata”He kamu gila ya?,barusaja rambut kamu saya cukur kamu sudah bilang tukang cukur itu tak ada”.Lalu Thomaspun berkata”kalau memang tukang cukur itu ada kenapa banyak orang yang masih gondrong dan rambutnya berantakan?”.Situkang cukur langsung menyahut”mreka saja yang tak mau datang ke tukang cukur supaya rambut mereka di pangkas”.Thomaspun berkata ” Begitu juga dngan orang yang menderita,bukannya karena tak ada Tuhan hingga mereka menderita,tetapi karena mereka yang tak mau datang kepada Tuhan”.Si tukang cukur tersebut tercengang dengan jawaban Thomas tersebut dan langsung mengangguk2……………..Kita juga sering begitu kita suka menggerutu Tuhan tidak adil manakala kita mengalami kesusahan,padahal kita tidak sadar bahwa kita sudah sangat jauh dari Tuhan….Nah saudara-saudari semua mari kita lebih mendekatkan diri kita pada Yang Maha Kuasa……..Amin————-


“Make GOD First”


Kemarin tepatnya tgl  4 February 2009 yach kira2 pukul jam 8 pagi aku dapat telepon.Aku lihat kayanya telepon rumah nih….So aku angkat “hallo”,suara dari balik sana berkata  “ini pak Silalahi?”……”ya, ini siapa yach?”aku balik nanya.Ternyata yang telepon barusan adalah pendeta Simanjuntak,beliau tanya aku berangkat narik jam berapa,aku bilang jam 10.Lalu beliau bilang akn datang kerumah,ternyata benar kira2 jam 9 lbih sedikit beliau sampai dirumah.Ohya pak pendeta datang bersama dengan ibu pendeta.Waduh mana rumah berantakan,didepan banyak baju yang kaga kering maklum hujan terus.Akhirnya kita duduk Bersama dilantai (Ngedeprok)istilah orang betawi….ha..ha..ha…enak juga ngedeprok itung-itung kaya di Jepang.So beliau bilang dalam renungan dan nasehatnya “Coba selalu libatkan Allah dalam pekerjaan kita”,beliau beri contoh misalnya waktu aku narik angkot,coba buat komitmen bahwa setiap ongkos orang yang duduk didepan sisihkan 10 persennya untuk Tuhan,dan itu diluar perpuluhan tentunya.Jadi intinya menjadikan Allah salah satu pemegang saham dalam usaha kita,yaitu jadikan Allah yang pertama(make GOD first).Benar aku seakan baru sadar bahwa selama ini aku tuh selalu berfikir wah bagaimana untuk besok?,dan setelah berkunjung hampir sekitar satu jam beliau pamit dan kami berdoa.Setelah pak  pendeta & ibu pulang aku langsung berdoa dan buat komitmen seperti yang beliau sarankan.memang kita sebagai manusia terlalu takut akan hari esok sehingga membuat kita lupa untuk menjadikan Allah yang pertama dalam hal apapun.Seperti judul buku renungan tahunan(anak)MAKE GOD FIRST ,semua orang didalam renungan tersebut yang menjadikan Allah yang pertama dan utama selalu sukses dan diberkati.Trima kasih pak pendeta atas kunjungannya kerumah yang mengingatkan aku Akan Allah dalam setiap nafasku.——–

“Ciptaan Allah yang ajaib”


Suatu hari ketika aku sedang istiharat,kala itu sore hari sekitar jam 5.Ahhh lelah rasanya pulang narik,jadi setelah mandi aku duduk2 didepan rumah.Dan sebentar kemudian aku coba melangkah keluar sekitar rumah dan aku melihat2 pepohonan disekitar,,,,,,,,aku seakan baru sadar betapa ajaib semua pohon tersebut.Sebab aku perhatikan betapa banyak kehidupan hanya dari satu pohon.Pastinya sih yang bisa aku lihat secara langsung ada ulat,ada burung,serangga2 lain…….dan pasti masih banyak lagi kehidupan yang lainnya….lalu aku memandang jauh lurus kedepan,aku lihat puncak gunung yang tinggi….Aku semakin takjup…ohhh Allah Maha Besar….Aku ini sangatlah kecil.Kemudian aku tatap keatas aku semakin sadar bahwa aku ini tidak ada apa2nya,sbab kulihat hamparan awan2 dimana2,bentangan langit yang seakan tiada batas.Setelah itu aku kembali kerumah,dan secara tidak sengaja aku memandang kecermin,lalu aku semakin takjup………..oh Bapa betapa ajaib Engkau,betapa ajaib aku Kau ciptakan….betapa ajaib semua ciptaan-Mu……………Sebab satu inci persegi dari kulitku bisa terdiri dari 65 helai rambut,100 kelenjar minyak,650 kelenjar keringat,syaraf yang tak terbilang jumlahnya,banyak sekali pembuluh darah,dan 1.500 syaraf reseptor.Tulang-tulangku lebih kuat dari baja yang kuat.Tengkorakku memiliki 28 tulang,kalau sudah dewasa aku memiliki 28 gigi permanent.Lebih dari 60 persen tubuhku,70 persen otakku,80 persen darahku,dan hampir 90 persen paru-paruku terdiri dari air.Aku bisa hidup sebulan tanpa makanan,tapi hanya seminggu tanpa air dan hanya bisa bertahan beberapa detik tanpa udara.Aku adalah makhluk terakhir yang diciptakan oleh Tuhan pada hari penciptaan,dan aku diciptakan untuk menjadi sahabat-Nya yang istimewa.Aku adalah manusia!Allah menciptakan kita istimewa.Kita diciptakan sesuai gambar-Nya,dan untuk mnjadi sahabat-Nya yang setia.Untuk menjadi sahabat bagi seseorang,kita harus menyempatkan waktu brsamanya,olh sebab itu pastikan untuk menyempatkan waktu bersama Allah dalam doa.Sehingga kita bisa menjadi sahabat yang terbaik! Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib,”Mazmur 139:14 –Amin–

Bukti Alamiah—- ( CUACA )—-


Badai (hurricane)mendapatkan namanya dari orang yang tinggal di daerah Karibia sejak jaman dahulu.Mereka menamai hurricane dari nama dewa jahat,Hurakan,yang mereka percayai telah mengirimkan badai tersebut.Gambar satelit badai yang diambil dari langit yang tinggi sekali,di potret kearah bawah.Dari atas sana,badai terlihat seperti kue donat yang besar sekali.Donat (badai)itu bisa mencapai 300 hingga 600 mil lebarnya dan 60.000 kaki tingginya.Angin bisa mencapai kecepatan 200 mil perjam,mencurahkan lembaran hujan yang padat.Badai membentuk air,itulah sebabnya badai itu menumpahkan air hujan yang lebat sekali di atas bumi.Badai itu mengambil air dari laut.Badai bisa sangat berbahaya,menjatuhkan air hujan yang berton-ton banyaknya,menimbulkan banjir,menumbangkan pepohononan,dan merusak bangunan2.Badai itu juga bisa menyebabkan ombak laut setinggi 40 kaki yang menyebabkan kerusakan besar di pantai.Jika kamu pernah melihat badai,baik melihat secara langsung atau di TV,kamu pasti tahu bahwa badai sangat hebat.Anginnya bisa melipat pepohonan ketanah,dan menyapu kendaraan dengan ombaknya yang besar.Namun kenyataannya Matabadai atau titik pusat dari Badai itu sendiri tenang.aneh yah….itulah keajaiban.Pusat badai sangat kecil dibandingkan dengan bagian luarnya,biasanya luasnya hanya sampai 25 kaki.Sering bahkan di pusatnya tidak ada angin,hujan,atau bahkan mendung di langit.Meskipun badai yang sangat kuat berada di sekelilingnya,namun di tengah2 nya sangat tenang.

RENUNGAN

Meskipun masih anak2,terkadang menemui masalah.Keluarga bisa juga mendapatkan masalah.Beberapa hal bagaikan BADAI dalam HIDUP KITA.Bahkan mungkin kita merasa diterpa badai saat sesuatu tidak berjalan semestinya.Jika itu terjadi,mintalah kepada ALLAH untuk datang kedalam hati kita.dia akan menolong kita untuk tetap TENANG  dan DAMAI,meskipun badai sedang berada di sekeliling kita.Amen””’

Kamis 08-01-2009


Hari ini kamis 08-01-2009….aduh sangat melelahkan dan menyedihkan buat saya,Gimana tidak……..pas mau narik aku dah berdoa,setelah narik belum satu rit….ane ditilang ma polisi….mana sewa lagi penuh banget ampe semua bangku terisi…..kejadian nya bermula dari sini….begini cerita nya…!!!!………………………pas lagi macet di MTS Pamulang itutuh….sekolah yang di Sinar dekat portal pada pulang jadi jalanan tuh macet abis…..So banyak kendaraan yang pada ambil kanan  termasuk aku…( dasar sopir Angkot ).nah aku barisan terakhir yang ambil kanan..sebetul nya walaupun kami pada ambil kanan kaga bikin kendaraan yang berlawanan jadi macet…tapi dasar lagi apes…ada polisi yang lagi lewat.nih pak polisi mungkin lagi senewen karena kejebak macet dari arah berlawanan.So jadideh aku yang barisan terakhir ini jadi makanan empuk nya.jadi deh aku ditilang.STNK di tahan.wah sewaku pada turun semua….jadi hari ini aku jadipusing dehhhhhh……ini hari yang buruk buat aku ..tapi juga hari yang baik…jadi bingung neehhhh…..abis ..ahhh…….tapi yang jelas semua kejadian tersebut ada hikmah nya buat aku….So Guy’s jangan suka melanggar peraturan kayak aku….itu baru pelanggaran di dunia..dah di tilang..gimana kalau pelanggaran pada perintah ALLAH ya ???….Waduh moga2 kita semua selalu taat sama peraturan didunia dan peraturan ALLAH…..Bye….