CACING Berwajah IBLIS…Spesies Terbaru yg Di Temukan


Cacing bersisik Polychaetes yang ditemukan di wilayah laut dalam. Cacing ini memiliki wajah aneh sehingga disebut cacing iblis.

Wilayah laut dalam kini terus dieksplorasi. Lewat penelitian, ilmuwan kini berhasil mengungkap adanya cacing bersisik yang punya kenampakan bagai iblis.

Jenis cacing iblis yang dimaksud adalah golongan Polychaetes. Jenis cacing itu telah berevolusi sehingga bisa tinggal di kedalaman 1000 meter yang nyaris tak tertembus sinar Matahari.

Cacing iblis memiliki mulut yang menakutkan, bisa ditarik ke dalam dan ke luar. Ukuran cacing ini memiliki ukuran yang kecil, hanya antara 2-3 cm.

Cacing ini merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang ditemukan di dekat ventilasi hidrothermal, kawasan bawah laut yang berdekatan dengan zona gempa dan gunung api bawah laut.

Spesies cacing iblis ini bergerak dengan menggeliat di dasar laut. Cacing ini memiliki struktur serupa gigi yang membantunya memakan mangsa, berupa bakteri atau organisme yang lebih kecil.

Selain itu, cacing ini juga diketahui membangun simbiosis dengan bakteri. Bakteri mendapatkan permukaan tumbuh sehingga bisa melakukan metabolisme membuat energi dari energi kimia, sementara cacing bisa menikmati energi yang dihasilkan.

Keberadaan cacing ini, kata Daniel Desbruyeres dari I’lfremer, pusat penelitian eksplorasi laut Perancis, menunjukkan bahwa ekosistem laut dalam begitu kaya.

“Laut dalam adalah salah satu dari habitat paling beragam di Bumi, hanya saja persepsi kita yang masih belum berkembang,” ungkapnya seperti dikutip Daily Mail, Senin (20/2/2012).

Lebih lanjut. keberadaan cacing iblis juga membuka kemungkinan adanya kehidupan di luar angkasa. Dipercaya, ventilasi hidrotehrmal terdapat di bulan Jupiter, Europa serta Mars.

 

Msn 766hi***

Sumbe..//  KOMPAS

Satu Tanggapan

  1. keren gan nambah pengetahuan, cacing iblis manfaatnya untuk manusia apa ya ?

    MAMPIR KE BLOG SAYA YA klik di sini

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: