mengenal permbersih gigi


Menjaga kesehatan dapat dimulai dari hal yang paling sederhana seperti menyikat gigi. Namun jangan sampai salah jalan untuk melakukannya. Berikut petunjuknya.

– Sikat gigi manual
Bila memilih sikat gigi manual, pastikan ujungnya dapat dengan mudah mencapai seluruh daerah di dalam mulut. Untuk anak-anak, pilih ukuran khusus untuk anak-anak dengan bulu sikat yang lembut. Sikat gigi manual sangat tepat digunakan untuk menggosok gigi bagian dalam dan depan.

– Sikat gigi elektrik
Bagi penderita arthritis dan yang mempunyai masalah dengan tangan dan bahu, sikat gigi elektrik merupakan pilihan yang tepat. Pada waktu membeli sikat gigi elektrik, pastikan ujungnya lembut dan bulu sikatnya dapat bergerak ke depan dan belakang.

– Benang pembersih gigi
Benang pembersih gigi dirancang untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di antara celah-celah gigi. Pastikan memakainya dengan hati-hati agar tidak merusak jaringan gusi. Gerakkan dengan hati-hati benang ke atas dan ke bawah di antara gigi dan batas gusi. Bersihkan di kedua sisi gigi walaupun di sisi lain tidak ada gigi.

– Pasta gigi
Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluor untuk mencegah gigi berlubang. Untuk anak-anak pilihlah pasta gigi yang mengandung rasa yang biasa digemari mereka. Oleskan sedikit saja saat memakainya.

– Obat kumur
Obat kumur berguna untuk membunuh kuman serta bakteri yang dapat menimbulkan lubang pada gigi. Obat kumur yang mengandung fluor dapat membantu pencegahan lubang pada gigi. Campuran, rasa, dan harga merupakan faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih obat kumur.

Banyak obat kumur yang mengandung alkohol yang dapat mengeringkan air ludah /saliva di dalam mulut. Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter gigi jenis obat kumur yang bagaimana yang cocok untuk gigi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda…!

766h***

%d blogger menyukai ini: