“Puasa Mulut Bau…”?


1Bau mulut tak sedap memang bisa menjadi salah satu gangguan selama berpuasa. Kondisi ini terjadi, karena kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam dan otomatis mulut berbau.

Meningkatnya masalah bau mulut selama berpuasa,,,, menurut dr. Handrawan Nadesul, penulis buku ‘Sehat Itu Murah’, disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur, akibat asupan air yang masuk ke dalam tubuh berkurang. Padahal, air liur mengandung zat-zat khusus yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan rongga mulut dan menekan bau.

Ingin mengurangi gangguan kesehatan ini? Simak tips berikut!

_ Sebelum berpuasa, periksakan diri ke dokter gigi.

– Sehabis sahur dan sebelum tidur, bersihkan rongga mulut dengan menggosok gigi dan lidah dengan perlahan.

– Gunakan obat kumur untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan karang gigi baru. Dalam hal ini obat kumur bisa diganti dengan campuran setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air panas.

– Setelah berbuka, minumlah air putih sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan produksi air liur.

– Hindari makanan berbau tajam seperti bawang putih, petai, atau jengkol. Makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi sebab aroma makanan itu akan diserap oleh darah dan dikeluarkan melalui napas. Kalau memang sangat ingin makan, sebaiknya dikonsumsi saat berbuka saja, jangan waktu sahur.

manson silalahi

SUMBER.: VIVAnews

%d blogger menyukai ini: