Cantik-cantik, Kok Kakinya Kapalan?


Hindari sumber gesekan dan tekanan pada kaki.

Kapalan adalah penebalan dan pengerasan lapisan kulit. Pada dasarnya, kapalan merupakan usaha dari kulit itu sendiri untuk melindungi diri dari gesekan atau beban yang menekannya secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Pemakaian sepatu berhak tinggi hanya akan membuat tekanan di telapak kaki jadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan inilah yang akan menimbulkan penebalan kulit. Obesitas atau kegemukan juga disebut-sebut sebagai faktor penyebab terjadinya kapalan. Bentuk dan ukuran kapalan berbeda-beda tergantung intensitas penyebabnya.

Cara merawatnya:
1. Rendam kaki dalam air hangat yang telah dicampur dengan produk perendam yang mengandung thyme oil. Campuran ini efektif melembutkan dan menghaluskan kulit kaki yang kasar dan kapalan.
2. Hilangkan sumber gesekan dan tekanan pada kaki. Ini sangat membantu mengurangi risiko terkena kapalan.
3. Jangan memotong bagian kulit yang mengalami penebalan karena akan mengundang bahaya infeksi.
4. Gunakan sepatu yang nyaman dan pas ukurannya. Hindari sepatu yang sempit, berujung runcing, maupun berhak tinggi (high heels). Pemakaian sepatu yang menyempit di bagian depan hanya akan memperbesar peluang menimbulkan kapalan atau pun memperparah kapalan yang sudah ada.

Msn silalahi

%d blogger menyukai ini: