Apakah Komputer Anda Terinfeksi Conficker?


Apakah Komputer Anda Terinfeksi Conficker?

Lihat Gambar

Conficker Eye Chart

Cara umum yang digunakan oleh virus adalah memblok komputer yang terinfeksi untuk bisa terkoneksi dengan situs dari perusahaan antivirus dan keamanan lainnya. Blok semacam ini berarti mencegah pengguna komputer yang terinfeksi mendapatkan bantuan untuk menghilangkan serangan virus. Worm Conficker yang belakangan ini banyak dibicarakan juga memakai cara ini. Tetapi dengan melihat cara ini pula kita bisa melakukan tes apakah komputer kita terinfeksi virus ini atau tidak.

Conficker Working Group, yang merupakan gabungan beberapa perusahaan untuk memerangi Conficker ini membuat situs Conficker Eye Chart. Dengan cukup masuk di situs ini Anda bisa mengetahui apakah komputer Anda terserang virus pencuri data ini atau tidak. Situs ini akan menampilkan gambar dari 3 situs yang dipastikan diblok oleh Conficker dan menampilkannya di dalam kotak. Di bawah kotak itu terdapat keterangan yang menjelaskan kondisi dari komputer Anda.

Jika gambarnya tampil semua berarti komputer Anda bebas dari Conficker. Tetapi jika 3 gambar atas tidak tampil semua berarti Conficker varian C atau yang lebih baru lagi sedang menginfeksi komputer Anda. Sedangkan kalau hanya gambar tengah yang tampil berarti yang bercokol adalah virus Conficker varian A atau B.

Ini merupakan tes yang sangat mudah dan sederhana. Tetapi yang harus diingat jika Anda memakai proxy server untuk koneksi Anda (biasanya banyak digunakan di kantor-kantor), Anda sangat mungkin terinfeksi tetapi tetap dapat melihat semua gambar yang menurut keterangan menandakan Anda bebas dari serangan virus ini. (silalahi)

Iklan
%d blogger menyukai ini: