Tak Asin Bukan Berarti Bebas Garam


Tak Asin Bukan Berarti Bebas Garam

Lihat Gambar

Roti berbahan gandum (Foto : Bread)

Sodium dalam jumlah yang membahayakan dapat ditemukan di dalam makanan yang tak bergaram, seperti roti dan sereal sarapan, demikian kata laporan majalah Consumer Reports

.

Analisis kelompok tersebut dilakukan atas 37 produk makanan, mendapati satu cangkir Raisin Bran Kellogg berisi 350 gram sodium, setengah cangkir satu jenis keju lembut berisi 360 miligram, dan satu roti gandum memiliki 440 miligram.

Panduan makanan AS menyarankan bahwa orang dewasa yang sehat mengkonsumsi tak lebih dari 2.300 miligram sodium per hari dan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, orang mesti memperoleh 1.500 miligram atau kurang.

Kebanyakan orang Amerika mengkonsumsi jauh lebih banyak dari itu, dan kebanyakan bukan dari garam yang ditaburkan pada makanan tapi malah dari produk siap saji.

“Analisis kami mendapati bahwa produk rendah lemak mungkin berisi lebih banyak sodium. Itu sebagian terjadi karena ketika lemak dikeluarkan dari makanan penuh lemak, sodium kadangkala digunakan sebagai penyedap pengganti,” kata Jamie Hirsh, pembantu redaktur kesehatan di Consumer Reports, dalam satu pernyataan.

Selain sodium chloride, yang lebih dikenal sebagai garam meja, sodium dapat ditemukan di dalam makanan tambahan seperti disodium guanylate, disodium inosinate, sodium caseinate, sodium benzoate, sodium bicarbonate dan sodium nitrite.

Prego ‘Heart Smart Traditional’ Italian Sauce berisi 430 miligram garam di dalam setengah cangkir yang disajikan, bahkan jika itu berkadar lemak rendah. Jus sayur ‘Heart Healthy’ V8 memiliki 480 miligram garam dalam satu porsi, demikian laporan yang disiarkan Senin (1/12).

%d blogger menyukai ini: