Stroberi, Buah Nikmat Berkhasiat Nyata


Stroberi, Buah Nikmat Berkhasiat Nyata

Lihat Gambar

Berry yang wangi dan manis dengan warna merah menyala dan menerbitkan air liur ini selain nikmat dan menyegarkan, ternyata juga memiliki khasiat segudang. Tidak heran jika stroberi dinobatkan sebagai golongan buah berry yang paling populer di dunia.

Di dunia pertanian, ternyata ditemukan bahwa ada lebih dari 600 varietas dengan perbedaan rasa, warna, tekstur, ukuran dan bahkan bentuk. Varietas yang paling banyak disukai oleh para chef ternyata adalah varietas stroberi liar yang walaupun penampilannya kurang menarik karena bentuknya yang kecil dan tidak seragam, tapi rasanya ternyata sangat kuat melebihi varietas yang berukuran besar.

Khasiat bagi tubuh

Bentuk stroberi yang khas bagaikan jantung hati, ternyata menyimpan berbagai fitonutrien yang tidak lazim ditemukan yang ternyata sangat berguna bagi kesehatan penikmatnya.

Perlindungan antioksidan yang sangat kuat

Stroberi, seperti beri yang lain, terkenal karena kandungan fenol yang kaya raya. Dalam stroberi, kandungan fenol ini dipimpin oleh antosianin dan elagitanin. Antosianin inilah yang memberikan warna merah menyala, dan sekaligus adalah antioksidan yang sangat kuat dan berkali-kali terbukti mampu melindungi struktur sel dalam tubuh dan mencegah kerusakan oksigen dalam organ tubuh manusia.

Dengan kata lain, stroberi adalah beri anti kanker, anti radang dan pelindung jantung jadi satu. Selain itu beri ini juga dikenal memiliki dampak baik untuk menekan peradangan yang timbul seperti akibat rematis, osteoarthritis dan asma.

Sementara fitonutrien Stroberi memperkuat kesehatan kita secara optimal. Elatiganin yang terkandung dalam stroberi sering dikaitkan dengan penurunan tingkat kematian karena kanker.

Dalam salah satu studi, stroberi berada sebagai delapan makanan yang paling banyak dikaitkan dengan penurunan tingkat kematian karena kanker terhadap kelompok studi yang terdiri dari 1000 orang tua.

Mereka yang memakan stroberi tiga kali lebih cenderung tidak terkena kanker daripada yang tidak. Kandungan fenol, flavonoid dan antosianin dalam stroberi terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel kanker hati.

Melindungi kemunduran mata

Sudah sering pastinya orang tua kita mengingatkan kita untuk makan wortel supaya mata kita cerah, tapi, ternyata buah-buahan-lah yang akan memberikan perlindungan terhadap mata kita. Data yang diterbitkan di Archives of Ophthalmology menunjukkan bahwa buah-buahan yang ternyata mencegah kerusakan pada mata kita.

Tiga porsi buah per hari akan mencegah kerusakan mata dengan sangat kuat. Mungkin tiga porsi akan cukup besar bagi sebagian orang, yang ternyata dapat dengan mudah diatasi oleh stroberi.

Sarapan sereal Anda dapat ditemani stroberi, makan siang Anda dengan yoghurt dapat juga diperkaya dengan stroberi, bahkan makan malam dengan salad, ditemani stroberi, selain memperkuat dan mempersegar rasanya, juga membantu.

Jika Anda adalah penggemar cemilan, coba makan stroberi dengan ditemani madu atau yogurt. Selain enak dan segar, khasiatnya terhadap mata kita sangat baik.

Melindungi tubuh dari artritits rematik

Vitamin C dosis tinggi menurut beberapa penelitian, malah menyebabkan osteoarthritis (radang tulang), tipe artrtitis yang terjadi seiring waktu. Tapi dosis vitamin C tinggi pada stroberi tidak menunjukkan hal ini, penelitian pada hewan yang mengkonsumsi beri ini menunjukkan bahwa hewan tersebut tidak menderita artritis jika mengkonsumsi stroberi, sedangkan pada mereka yang mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi, gejala ini muncul.

Kandungan nutrisi yang luar biasa

Sebagai sumber nutrisi yang luar biasa, stroberi ternyata adalah salah satu sumber paling bagus untuk vitamin C dan mangan. Stroberi juga adalah sumber baik untuk serat dan yodium, juga sumber yang bagus untuk kalium, folat, ribovlafin, vitamin B5, Asam Lemak Omega 3, Vitamin B6, Vitamin K, Magnesium dan tembaga.

Beberapa ide menyajikan stroberi:

1. Tambahkan dalam salad

2. Masukkan dalam gelas tinggi, dengan susunan sebagai berikut: yoghurt, potongan stroberi, yoghurt, bluberi, dan seterusnya

3. Campur potongan stroberi dengan bubuk kayu manis, air jeruk lemon dan sirup maple, sajikan sebagai topping untuk wafle atau pancake.

4. Tambahkan dalam sereal sarapan Anda

5. Celupkan dalam yoghurt atau coklat leleh

%d blogger menyukai ini: