Nyamuk Demam Berdarah Lebih Pintar


http://www.sripoku.com/index.php?mode=detail_berita&id=654

http://www.indomedia.com/intisari/1998/mei/demam.htm

http://www.abclab.co.id/page_article.php

Nyamuk Demam Berdarah Lebih Pintar

Nyamuk pembawa virus demam berdarah diperkirakan sudah lebih pintar karena dapat bertahap hidup di tempat-tempat yang dulunya tidak mungkin untuk berkembang biak. “Seperti penyakit lain, dari tahap ke tahap, mereka mengalami mutasi,” ujar dr Desro Rivani, kepala Unit Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo Jakarta Timur kepada Tempo, Selasa (25/1).

Menurutnya, mutasi nyamuk ini sangat mungkin terjadi, terutama di daerah-daerah endemic demam berdarah dengue. “Segala cara digunakan untuk mengepung nyamuk ini, tapi mereka juga berusaha untuk lebih canggih lagi bertahap hidup,” kata Desro.

Contohnya foging atau penyemprotan dengan pestisida, kini tidak begitu banyak mempengaruhi penyebaran nyamuk. “Hanya dua hari setelah foging, nyamuk-nyamuk ini akan datang lagi,” kata Dien Emawati, kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur.

Selain itu, siklus hidup nyamuk pembawa virus demam berdarah tidak hanya terjadi pada waktu-waktu musim penghujan. Tetapi kaum nyamuk belang ini bisa bertahan hidup sepanjang tahun. “Buktinya, sepanjang tahun, ada saja penderita demam berdarah, meskipun puncak wabah berkisar antara Januari sampai Juni,” ujar Dien. Nyamuk-nyamuk ini menurut Dien, kemungkinan dapat berbiak tidak hanya di air yang jernih, tetapi di air yang agak keruh.

Pemberantasan sarang nyamuk dengan bahan-bahan yang mengandung zat kimia seperti penyemprotan dan pengasapan menruut Dien, tidak lagi efektif. Selain karena tidak bisa bertahan lama, nyamuk-nyamuk pembawa virus maut ini juga belajar untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang paling buruk bagi populasi mereka.

Dien menduga, upaya paling memungkinkan untuk memberantas nyamuk demam berdarah adalah dengan memutus rantai hidupnya. Seperti membiakan musuh-musuh biologis nyamuk dengan ovitrap maupun ikan cupang.

Iklan
%d blogger menyukai ini: