Dora Tak Mau Jadi Gadis Nakal

Wahai para orang tua, tak perlu menutup pintu Dora the Explorer untuk putra-putrimu, kata para kreator karakter kartun dan mainan TV populer itu.

Adalah jaringan kabel TV Amerika Serikat, Nickelodeon dan pembuat mainan Mattel, Senin waktu New York (hari ini WIB) didesak bahwa rencana membuat sebuah boneka Dora remaja bakal merusak peran sehat bintang pendidikan bilingual yang punya sohib kera, peta, kompas dan tas ransel tersebut.

Banyak orang tua menyuarakan kecemasan dan komplain atas rencana peluncuran sebuah “Dora remaja” dengan rambut panjang, kaki jenjang dan dandanan trendi yang tak selaras dengan karakter outdoor, spirit petualangan alam dan bakal memberi model peran yang jelek.

“Kami tak butuh fenonema lain Bratz untuk anak-anak pra sekolah. Saya tak ingin putriku 2,5 tahun bertanya soal rok-rok mini dan lipstik mengkilat untuk melanjutkan obsesi Dora-nya,“ tulis Elizabeth Sloman, 30 tahun kepada Pensacola News Journal.

Saat ini sebuah petisi online melawan proyek baru yang disebut “Dora Tween” oleh Nickelodeon dan Mattel, produsen mainan terbesar dunia, mengalir dari keprihatinan itu dan disuarakan para orang tua bahwa Dora tak usah berubah.

Namun kecemasan itu ditepis kedua perusahaan. “Karakter pemenang kategori kartun pra-sekolah Dora yang dikenal dan dicintai pemirsa tak bakal berubah,” demikian pernyataan resmi bersama kedua perusahaan hari ini.

“Sembilan tahun dia hadir di layar gelas, Dora telah menjelma menjadi sebuah model panutan yang penting buat banyak kalangan. Pahlawan Latin itu telah menjalin generasi para bocah laki-laki dan perempuan seluruh dunia lewat keberanian dan sense petualangannya.”

Dora dan sahabat-sahabatnya: Boot the Monkey, Isa the Iguana, Tico the Squirrel dan Swiper the Fox yang nakal telah beroleh penghargaan internasional sejak menjadi serial reguler Nickelodeon mulai 2000 berserta sebuah versi Spanyol yang diluncurkan belakangan.

Namun keprihatinan merebak diantara sebagian besar orang tua bulan lalu saat Mattel dan Viacom Inc. unit Nickelodeon, melansir rencana untuk membikin semacam “Dora remaja”. Dikisahkan dia melancong ke sebuah kota besar, masuk ke sekolah menengah pertama dan tampil baru. Tampak modis. Resminya, kedua perusahaan menyatakan tampilan Dora tak dibuka sampai musim gugur nanti. Konon, rambutnya panjang dengan gaya baju yang lebih tomboi.

Iklan
%d blogger menyukai ini: