Melongok sifat dan penyusun udara


Bumi

Melongok sifat dan penyusun udara

Planet kita diselimuti udara. Jumlahnya sangat melimpah.

Dengan adanya udara, Bumi bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Kita memerlukannya untuk bernafas. Begitu pula hewan dan tumbuhan.

Sifat udara

Meski sangat membutuhkan udara, kita sering tidak menyadari kehadirannya. Hal ini barangkali karena ia tidak berbau. Selain itu, udara tidak memiliki warna dan rasa. Meski demikian, kadang kita mengetahui keberadaannya saat ada angin.

Campuran aneka gas

Udara bukanlah sesuatu yang tunggal. Di dalamnya ada berbagai gas yang bercampur aduk. Gas-gas itu terbentuk dari partikel kecil yang dinamakan molekul. Ukuran molekul sangat keciiiil….

Molekul terbentuk dari elemen-elemen kimia. Nitrogen dan oksigen merupakan dua elemen terbanyak di udara. Selain itu ada pula argon, neon, dan helium.

Penting bagi makhluk hidup

Saat menghirup udara, tubuh kita hanya mengambil oksigen. Ketika menghembuskan nafas, kita mengeluarkan karbon dioksida. Proses seperti ini juga berlaku pada hewan.

Hal berbeda terjadi pada tumbuhan. Mereka tidak mengambil oksigen tapi karbon dioksida. Setelah mengalami suatu proses, tumbuhan akan mengeluarkan oksigen.

Hm …, kalau hutan menjadi gundul dan tidak ada lagi tumbuhan di Bumi, siapa yang akan menghasilkan oksigen untuk kita ya?

artikel bumi

Iklan
%d blogger menyukai ini: