Pengaruh permainan pada perkembangan Anak


* Faktor-faktor yang mempengaruhi permainan anak

1. KESEHATAN

Anak2 yang sehat mempunyai banyak energi untuk bermain dibandingkan dengan anak2 yang kurang sehat,sehingga anak2 yang sehat menghabiskan banyak waktu untuk bermain yang membutuhkan banyak energi.

2.INTELEGENSI

Anak2 yang cerdas lebih aktif dibandingkan dengan anak2 yang kurang cerdas.Anak2 yang cerdas lebih menyenangi permainan2 yang bersifat intelektual atau permainan yang banyak merangsang daya berpikir mereka,misalnya prmainan drama,menonton film,atau membaca bacaan yang bersifat intelektual.

3.JENIS KELAMIN

Anak perempuan lebih sedikit melakukan permainan yang menghabiskan banyak energi,misalnya memanjat,berlari-lari,atau kegiatan fisik yang lain.Perbedaan ini bukan berarti bahwa anak perempuan kurang sehat dibanding anak laki2,melainkan pandangan masyarakat bahwa anak permpuan sebaiknya menjadi anak yang lembut dan bertingkah laku yang halus.

4.LINGKUNGAN

Anak yang dibesarkan dilingkungan yang kurang menyediakan pralatan,waktu,dan ruang bermain bagi anak,akan menimbulkan aktivitas bermain anak berkurang.

5.STATUS SOSIAL & EKONOMI

Anak yang dibesarkan dilingkungan keluarga yang status sosial ekonominya tinggi,lebih banyak tersedia alat2 permainan yang lengkap dibandingkan dengan anak2 yang dibesarkan di keluarga yang status ekonominya rendah.

PENGARUH BERMAIN BAGI PERKEMBANGAN ANAK

*Bermain mempengaruhi perkembangan fisik anak

*Bermain dapat digunakan sebagai terapi

*Bermain dapat mempengaruhi pengetahuan anak

*Bermain mempengaruhi perkembangan kreativitas anak

*Bermain dapat mengembangkan tingkahlaku sosial anak

*Bermain dapat mempengaruhi nolai moral anak

MACAM2 PERMAINAN DAN MANFAATNYA BAGI PERKEMBANGAN ANAK

A.Permainan AKTIF

*Bermain bebas dan spontan atau eksplorasi

Dalam permainan ini anak dapat melakukan segala hal yang di inginkannya,tidak ada aturan2 dalam permainan tersebut.Anak akan terus bermain selama permainan tersebut menimbulkan kesenangan,dan anak akan berhenti apabila permainan tersebut sudah tidak menyenangkan.Dalam permainan ini anak melakukan eksperimen atau menyelidiki,mencoba,dan mengenal hal2 baru.

*Drama

Dalam permainan ini,anak memerankan suatu peranan,mnirukan karakter yang dikagumi dalam kehidupan yang nyata,atau dalam mass media.

*Bermain musik

Bermain musik dapat mendorong anak untuk mengembangkan tingkahlaku sosialnya,yaitu dengan bekerjasama dengan teman2 sebayanya dalam memproduksi musik,menyanyi,berdansa,atau memainkan alat musik.

*Mengumpulkan atau mengoleksi sesuatu

Kegiatan ini sering menimbulkan rasa bangga,karena anak mempunyai koleksi lebih banyak daripada teman2 nya.Disamping itu kegiatan ini mendorong sosialisasi anak dengan belajar bergaul,bekerjasama,memainkan peran pemimpin,serta menilai diri dan kemampuannya secara realistik dan sportif.

B.Permainan PASIF

*Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang sehat.Membaca akan memperluas wawasan dan pengetahuan anak,sehingga anakpun akan berkembang kreativitas dan kecerdasannya.

*Mendengarkan RADIO

Mndengarkan radio dapat mempengaruhi anak,baik secara positif maupun negatif.Pengaruh positifnya adalah anak bertambah pengetahuannya,sedangkan negatifnya yaitu apabila anak meniru hal2 yang disiarkan di radio seperti kekerasan,kriminalitas,atau hal2 negatif yang lainnya.

*Menonton TELEVISI

Pengaruh televisi sama seperti mendengarkan radio,Baik pengaruh positif maupun ngatifnya.—————***



%d blogger menyukai ini: