“Cerdas Dengan Terapi Musik”


Menurut hasil penelitian ilmiah dan berbagai macam pakar seperti dokter ahli syaraf,psikolog,doktr anak,dokter kebidanan,dan lain-lain menyampaikan bahwa:

1.Sudah ada proses belajar sejak dalam kandungan.Rahim ibu lebih menyerupai”Ruang klas”dari pada anggapan selama ini hanya sebagai ruang tunggu.

2.Janin telah dapat mendengar secara jlas pada usia 6 bulan dalam kandungan.

3.Janin juga mampu untuk belajar sedikit mengenai musik pada usia 4,5 bulan.

4.Janin dalam kandungan sudah memiliki perasaan,kesadaran dan daya ingat.

5.Janin dalam kandungan yang diberi rangsangan suara termasuk”Musik”secara teratur dan terus menerus ternyata mampu memacu kecerdasan bayi setelah lahir.

Atas dasar hasil penelitian tersebut diatas maka musik telah digunakan sebagai salahsatu aktivitas dalam penatalaksanaan pengobatan penyakit fisik maupun mental,dengan nama “Terapi Musik”.

II.Apakah itu terapi musik?

Terbukanya misteri musik yang mampu mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang,baik fisik maupun mental,sehingga timbullah beragam pengertian terapi musik seperti dibawah ini:

1.Terapi musik adalah suatu bentuk kegiatan yang mempergunakan musik dan lagu secara terpadu dan terarah didalam membimbing ibu2 tersebut selama masakehamilan yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan:Relaksasi bagi ibu2 hamil,Stimulasi dini pada janin,Dan menjalin keterikatan emosinal antara ibu hamil dan janinnya.

2.Terapi musik adalah terapi dengan mempergunakan musik secara sistematis,terkontrol dan terarah dalam: Menyembuhkan,merehabilitasi,mendidik dan melatih anak2 dan orang dewasa yang menderita gangguan fisik,mental,atau emosional.

3.Mempergunakan juga musik untuk mencapai tujuan2 seperti:Merubah tingkah laku,menjaga/memelihara agar tingkah laku atau kemampuan yang telah dicapai tidak mengalami kemunduran,Mengembangkan kesehatan fisik dan mental.

4.Terapi musik adalah suatu disiplin ilmu yang rasional yang memberi nilai tambah pada musik sebagai dimensi baru secara bersama dapat mempersatukan seni ilmu pengetahuan dan emosi.

III. Hubungan musik dan fungsi otak

Otak manusia ,termasuk otak bayi,terdiri dari belahan otak kanan dan otak kiri.Otak ini mulai terbentuk pada awal kehamilan dan berkembang dengan pesat sampai bayi lahir.Belahan otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik yang terdiri dari berbicara,bacatulis,hitung,daya ingat,logika,angka,analisis,Dll.

Otak kanan berkaitan dengan perkembangan artistik dan kreatif,perasaan,Gaya bahasa,irama musik,imajinasi,lamunan,warna,pengenalan diri dan oranglain,sosialisasi,dan pengembangan kepribadian.Jadi sebenarnya otak kiri dan kanan bila bekerja sama akan saling memperkuat.oleh karenanya disarankan kepada orangtua untuk merangsang perkembangan otak anak tidak hanya otak kiri saja,melainkan secara bersamaan dengan otak kanan nya.

Dengan kata lain orangtua perlu merangsang sejak dinikecerdasan mental (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) anak2 nya.

IV. Manfaat terapi musik bagi ibu hamil & ibu sesudah

melahirkan

1.Bagi ibu hamil/sesudah melahirkan maupun janin/bayi,terapi musik dapat menimbulkan reaksi psiklogis,krn musik dapat menenangkan(relaksasi) dan juga rangsangan (stimulasi).

2.Melalui kegiatan terapi musik dapat menyongsong masadepan bayi/anak yang lebih cemerlang.

3.dapat membantu ibu hamil agar tetap dapat mempertahankan keseimbangan antara kesehatan jasmani,pikiran dan emosi.

4.Melalui rangsangan2 musik yang didengarkan kepada janin/bayi secara teratur,dapat memberikan pengaruh besar bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi tersebut di kemudian hari.

5.Dalam diri anak kelak akan tumbuh kepribadian yang kuat dan ia mampu menyerap banyak hal.

6.Ia dapat meresapi musik,berarti ia juga mampu memahami perasaan oranglain.

V. Kesimpulan

Dalam proses kehidupan individu sejak dalm rahim sampai usia dewasa,maka salah satu aspek perkembangan yang penting adalah perkembangan otak.

Upaya yang berkesinambungan untuk memacu perkembangan otak kiri atau kanan dilakukan dengan berbagai cara atau metode yang bijaksana yaitu antara lain dengan memberikan rangsangan suara,termasuk musik,dan dari hasil penelitian ternyata bahwa janin dalam kandungan yang diberi rangsangan suara/musik dapat memacu kecerdasan bayi setelah lahir.Partisipasi aktif ibu2 hamil dan sesudah melahirkan melalui terapi musik diharapkan ikut memacu perkembangan anak2 menjadi individu yang cerdas,kreatif,dan berkepribadian matang.———-

Iklan
%d blogger menyukai ini: